Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus)

Akmaluddin Akmaluddin, Boy Haqqi

Abstract


Abstrak

 

Kedisplinan merupakan hal yan mutlak harus diterapkan bagi siswa dalam proses belajar mengajar, kedisiplinan belajar adalah salah satu cara untuk membantu peserta didik agar dapat mengembangkan pengendalian diri mereka selama proses belajar mengajar hingga membantu percepatan tujuan pendidikan yang telah diamanatkan dalam undang-undang. Pendekatan   yang   digunakan   dalam   penelitian   ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti memilih SD Negeri Cot Keu Eung kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh sebagai tempat penelitian dengan mengunakan observasi, wawancara dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa permasalahan mengenai kedisiplinan. Permasalahan tersebut antara lain yaitu sebagai berikut: siswa datang terlambat, tidak membawa pulang buku pelajaran dan alat sekolah, tidak menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak memperhatikan pelajaran, membuang sampah tidak pada tempatnya, berpakaian tidak rapid an lain-lain sehingga dapat disimpulkan 80% siswa bermasalah dalam kedisiplinan belajar dan 20% nya siswa mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Adapun upaya sekolah dalam mengatasi permaslaahan yang ada dengan memberikan punishment (sangsi) bagi siswa yang melanggar aturan sekolah dan reward bagi siswa yang mentaati aturan sekolah dengan harapan kedisiplinan dapat ditegakkan pada SD Negeri Cot Keu Eung kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh.

Kata Kunci : Kedisplinan dan Belajar


Full Text:

PDF

References


Ardianti, Dian. 2015. Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Kelas IV SD Negeri Kepek Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta Tahun Pelajaran

/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu

Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Anggara, Dwi. Y. 2015. Implementasi Nilai-Nilai

Kedisiplinan Siswa Kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Yogyakarta.

Anggraini, Arum. J. 2015. Kedisiplinan BeRlaejaprublik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri dalam Negeri

Siswa Kelas V SD Negeri I Parangtritis: Studi Kasus. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Imran, Ali. 2017. Manajemen Peserta Didik

Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015 tentang sistem pendidikan nasional. Lembar Pemerintah Kota Banda Aceh Tahun 2015. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Alfabeta. Bandung.

Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. . 2015. Metode Penelitian Pendidikan

Munawaroh, Siti. 2016. Perilaku Disiplin dan

Kejujuran Generasi Muda di Daerah

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BPNP. . 2017. Metode Penelitian Pendekatan

Mustari, Mohammad. 2017. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: laksBang Pressindo.

Munawaroh, Siti. 2016. Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BPNP.

Marijan. 2016. Metode Pendidikan Anak Membangun

Karakter Anak yang Berbudi Mulia, Cerdas dan

Berprestasi. Yogyakarta: Tim Sabda Media.

. 2017. Metode Pendidikan Anak Membangun

Karakter Anak yang Berbudi Mulia, Cerdas dan

Berprestasi. Yogyakarta: Tim Sabda Media.

Ma’Sumah, Siti. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap

Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Handayani, Novi. 2015. Implementasi Nilai-Nilai

Kedisiplinan di Sekolah Dasar Negeri Margoyasan Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Naim, Ngainun. (2015). Character Building Optimalisasi

Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta:

ArRuzz Media.

Noor, Rohinah. M. (2016). The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Mandiri.

Purwanto, Ngalim. M. 2016. Ilmu Pendidikan Teoritis dan

Praktis. Bandung: PT Remaja RosdaKarya. Rachmawati, Tutik. 2015. Teori Belajar dan Proses

Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava

Media.

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV. Bandung.

Rifa‟i, Achmad. Catharina Tri Ani. 2010.

Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes

Press.

Shochib, Moh. 2016. Pola Asuh Orang Tua dalam

Membantu Anak Mengembangkan Disiplin

Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sari, Puspita, Bella. 2017. Meningkatkan Disiplin

Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas.

Jurnal. Jurnal Pendidikan Manajemen

Perkantoran Vol. 2. No. 2. Hal. 122-129

Wantah, Maria J. 2015. Pengembangan Disisplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia

Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional

Wahyu Ardian Nugraha. (2015). Hubungan Kedisiplinan Belajar Di Sekolah Dan Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus I Sumberagung Jetis Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. UNY.

Yuliyantika, Siska. 2017. Analisis Faktor-Faktor

Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, DAN XII Di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran

/2017. Jurnal. e-journal Jurusan

Pendidikan Ekonomi. Vol. 9. No. 1. Hal.

-7.




DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v5i2.467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706

PRINCIPAL CONTACT

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id


This journal indexed by

Google SchoolarPortal Garuda