Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus)
Abstract
Abstrak
Kedisplinan merupakan hal yan mutlak harus diterapkan bagi siswa dalam proses belajar mengajar, kedisiplinan belajar adalah salah satu cara untuk membantu peserta didik agar dapat mengembangkan pengendalian diri mereka selama proses belajar mengajar hingga membantu percepatan tujuan pendidikan yang telah diamanatkan dalam undang-undang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti memilih SD Negeri Cot Keu Eung kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh sebagai tempat penelitian dengan mengunakan observasi, wawancara dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa permasalahan mengenai kedisiplinan. Permasalahan tersebut antara lain yaitu sebagai berikut: siswa datang terlambat, tidak membawa pulang buku pelajaran dan alat sekolah, tidak menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak memperhatikan pelajaran, membuang sampah tidak pada tempatnya, berpakaian tidak rapid an lain-lain sehingga dapat disimpulkan 80% siswa bermasalah dalam kedisiplinan belajar dan 20% nya siswa mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Adapun upaya sekolah dalam mengatasi permaslaahan yang ada dengan memberikan punishment (sangsi) bagi siswa yang melanggar aturan sekolah dan reward bagi siswa yang mentaati aturan sekolah dengan harapan kedisiplinan dapat ditegakkan pada SD Negeri Cot Keu Eung kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh.
Kata Kunci : Kedisplinan dan Belajar
Full Text:
PDFReferences
Ardianti, Dian. 2015. Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Kelas IV SD Negeri Kepek Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta Tahun Pelajaran
/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Anggara, Dwi. Y. 2015. Implementasi Nilai-Nilai
Kedisiplinan Siswa Kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Yogyakarta.
Anggraini, Arum. J. 2015. Kedisiplinan BeRlaejaprublik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri dalam Negeri
Siswa Kelas V SD Negeri I Parangtritis: Studi Kasus. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Imran, Ali. 2017. Manajemen Peserta Didik
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2015 tentang sistem pendidikan nasional. Lembar Pemerintah Kota Banda Aceh Tahun 2015. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Alfabeta. Bandung.
Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. . 2015. Metode Penelitian Pendidikan
Munawaroh, Siti. 2016. Perilaku Disiplin dan
Kejujuran Generasi Muda di Daerah
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BPNP. . 2017. Metode Penelitian Pendekatan
Mustari, Mohammad. 2017. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: laksBang Pressindo.
Munawaroh, Siti. 2016. Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BPNP.
Marijan. 2016. Metode Pendidikan Anak Membangun
Karakter Anak yang Berbudi Mulia, Cerdas dan
Berprestasi. Yogyakarta: Tim Sabda Media.
. 2017. Metode Pendidikan Anak Membangun
Karakter Anak yang Berbudi Mulia, Cerdas dan
Berprestasi. Yogyakarta: Tim Sabda Media.
Ma’Sumah, Siti. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Handayani, Novi. 2015. Implementasi Nilai-Nilai
Kedisiplinan di Sekolah Dasar Negeri Margoyasan Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Naim, Ngainun. (2015). Character Building Optimalisasi
Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta:
ArRuzz Media.
Noor, Rohinah. M. (2016). The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Purwanto, Ngalim. M. 2016. Ilmu Pendidikan Teoritis dan
Praktis. Bandung: PT Remaja RosdaKarya. Rachmawati, Tutik. 2015. Teori Belajar dan Proses
Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava
Media.
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV. Bandung.
Rifa‟i, Achmad. Catharina Tri Ani. 2010.
Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes
Press.
Shochib, Moh. 2016. Pola Asuh Orang Tua dalam
Membantu Anak Mengembangkan Disiplin
Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sari, Puspita, Bella. 2017. Meningkatkan Disiplin
Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas.
Jurnal. Jurnal Pendidikan Manajemen
Perkantoran Vol. 2. No. 2. Hal. 122-129
Wantah, Maria J. 2015. Pengembangan Disisplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia
Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional
Wahyu Ardian Nugraha. (2015). Hubungan Kedisiplinan Belajar Di Sekolah Dan Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus I Sumberagung Jetis Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. UNY.
Yuliyantika, Siska. 2017. Analisis Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, DAN XII Di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran
/2017. Jurnal. e-journal Jurusan
Pendidikan Ekonomi. Vol. 9. No. 1. Hal.
-7.
DOI: https://doi.org/10.33143/jes.v5i2.467
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN: 2615-5338
p-ISSN: 2442-4706
PRINCIPAL CONTACT
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
Universitas Ubudiyah Indonesia - Jl. Alue Naga Desa Tibang, Banda Aceh 23114, Indonesia
Phone: 0651-7555566
Fax: 0651-7555566
Email: dppm@uui.ac.id
This journal indexed by